Air Kencing Unta HARAM ??

Air Kencing Unta HARAM ??

DAKWAHMU.COM - Awal Januari kemarin heboh berita tentang Ustadz Bachtiar Nasir Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI. Tak lain karena beliau meminum kencing unta dan susu unta di Instagramnya. Saat itu Ustad Bachtiar sedang berada dipeternakan unta Hudaibiyah.

Setelah memberi salam, beliau memberitahu manfaat air kencing unta dan susu unta. Kemudian mencampur keduanya diwadah kecil dan setelah membaca basmallah langsung meminumnya.
"Rasanya ada pahit-pahit dikit, dan menurut penelitian ini bagus untuk pencernaan" kata Ustadz Bachtiar setelah meminum.


A post shared by Bachtiar Nasir (@bachtiarnasir) on
Bagaimana Islam memandang air kencing unta ? Apakah dianjurkan atau malah mengharamkan ?

Terkait meminum air kencing unta yang dilakukan di kawasan padang pasir itu, sebenarnya Badan Kesehatan Dunia ( WHO) pada pertengahan Juni 2015 pernah melarang untuk mengonsumsi kencing unta. Karena diduga air kencing unta diduga menyebarkan virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV. Gejala virus ini ditandai dengan demam, masalah pernapasan, infeksi paru-paru, gagal ginjal, dan komplikasi mematikan lainnya.

Padahal mengenai manfaat air kencing unta sudah dikabarkan dari jaman Nabi Muhammad ﷺ . Ada hadist  riwayat dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita,

قَدِمَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَوْمٌ مِنْ عُكْلٍ أَوْ عُرَيْنَةَ فَاجْتَوَوُا الْمَدِينَةَ فَأَمَرَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِلِقَاحٍ وَأَمَرَهُمْ أَنْ يَشْرَبُوا مِنْ أَبْوَالِهَا وَأَلْبَانِهَا

Ada sejumlah orang dari suku Ukl dan Uranah yang datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun mereka mengalami sakit karena tidak betah di Madinah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka untuk mendatangi kandang unta, dan menyuruh mereka untuk minum air kencingnya dan susunya. (HR. Bukhari 1501 & Muslim 4447)
Kita sebagai orang beriman tentunya wajib percaya dengan apa yang disampaikannya. Bukan karena belum terbukti secara medis terus kemudian kita tidak percaya bahkan menentang apa yang Nabi sampaikan. Sudah banyak bukti dari hadist dan al quran baru diungkapkan nalar manusia setelah berabad-abad. Mungkin saat ini belum ditemukan manfaat secara medis, tapi suatu saat hadist tersebut akan terbukti. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Kencing Unta HARAM ??"

Post a Comment